Siapkan Hal ini Untuk Persiapan Pernikahan

Menikah sudah menjadi suatu hal yang wajib dilakukan untuk setiap pasangan yang akan menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius dan tentunya juga untuk memperoleh keturunan.

Namun untuk melaksanakan pernikahan tentunya banyak persiapan yang harus disiapkan jauh – jauh hari. Untuk melakukan persiapan pernikahan banyak waktu dan biaya yang harus dipersiapkan. Maka sebaiknya mulai dari jauh – jauh hari untuk mempersiapkan hal apa saja yang diperlukan untuk persiapan pernikahan.

Untuk kamu yang masih bingung mengenai aja saja yang perlu disiapkan untuk persiapan pernikahan, wajib untuk menyimak daftar persiapan dibawah ini. Yuk disimak.

1. Persiapkan Dana Pernikahan

Merupakan modal awal yang terpenting untuk disiapkan. Ada baiknya mulai menabung dari sekarang untuk mematangkan persiapan dari segi finansial disaat akan berencana untuk menikah.

2. Tentukan Tanggal dan Waktu Pernikahan

Setelah dana yang kamu persiapkan dirasa sudah cukup matang, maka hal kedua yang penting adalah menentukan tanggal dan waktu untuk melangsungkan pernikahan. Biasanya untuk menentukan tanggal dan waktu yang baik, dengan mempertemukan kedua orang tua dari calon mempelai untuk mencarikan tanggal dan waktu yang baik.

3. Urus Administrasi Pernikahan

Mengurus dokumen pernikahan belum tentu bisa selesai dalam satu hari, maka ada sebaiknya kamu mengurus dokumen pernikahan ini jauh – jauh hari, agar semua berkas pernikahan dapat siap sebelum hari pernikahan.

4. Tentukan Konsep dan Dekorasi

Banyak konsep yang bisa dipilih untuk pernikahan, mulai dari konsep pernikahan sederhana, adat, sampai elegan. Kamu dan pasangan bisa memikirkan konsep pernikahan yang seperti akan dipilih nanti.

5. Wedding Venue

Setelah menentukan konsep dan dekorasi, maka selanjutnya menentukan wedding venue menjadi hal yang penting, karena wedding venue harus sesuai dengan konsep dan dekorasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Prewedding

Sebagai sarana kebutuhan persiapan pernikahan, yang dilakukan untuk mengabadikan momen – momen indah bersama pasangan sebelum acara pernikahan dengan mengambil foto maupun video.

7. Katering

Katering salah satu yang menjadi pertimbangan utama di acara penikahan mengenai sajian untuk para tamu undangan. Maka sebelum memesan katering, lakukan lah survey terlebih dahulu agar dapat sesuai dengan sajian yang diinginkan.

8. Hiburan

Selain katering, hiburan juga hal yang perlu dipersiapkan untuk acara pernikahan. Hiburan ini juga harus disesuaikan dengan konsep pernikahan yang sudah dipilih, agar hiburan ini dapat selaras dengan konsep pernikahan.

9. Souvenir

Ini menjadi hal yang dinantikan juga oleh tamu undangan nantinya, maka ada baiknya untuk mempersiapkan souvenir yang harganya cukup terjangkau namun dapat bermakna bagi tamu undangan.

10. Undangan Pernikahan

Sudah menjadi hal yang wajib untuk dipersiapkan. Namun terkadang jika menyebar undangan untuk tamu yang tinggal di luar daerah tentunya akan membutuhkan efford untuk mengirimkan undangan kesana. Maka sebaiknya gunakan undangan digital dari Pintundangan.com, selain harganya jauh lebih murah dibandingkan undangan cetak, undangan digital juga ramah lingkungan.

11. MUA

Setiap mempelai harus tampil menawan di acara pernikahan, maka akeup artist (MUA) termasuk dalam daftar persiapan pernikahan yang tak boleh kamu lewatkan. MUA ini juga harus disesuaikan dengan konsep pernikahan yang kamu pilih sebelumnya.

12. Dokumentasi Acara

Sama seperti prewedding, setiap momen di acara wedding pun harus di dokumentasikan dengan baik. Oleh karena itu, untuk dokumentasi, carilah photographer maupun videographer pernikahan yang benar – benar memahami konsep pernikahan yang kamu pilih.

 

Jadi itulah beberapa persiapan yang wajib kamu persiapkan untuk acara pernikahan nanti. Semoga list persiapan diatas bisa dijadikan referensi dan bermanfaat bagi kamu yang akan memiliki rencana untuk menikah.