Jangan Salah, Inilah Perbedaan Arti Cinta dan Sayang

Sebagian besar orang masih banyak yang menganggap arti dari cinta dan sayang itu merupakan sebuah perasaan yang bersifat sama, maka tak jarang pula terkadang orang masih sering salah paham mengartikan arti cinta dan sayang.

Cinta

Berdasarkan penjelasan dari Pingkan Rumondor, M.Psi., dimana cinta diartikan sebagai emosi kompleks yang mengandung afeksi (Suatu perlakuan yang hangat sebagai bentuk perasaan cinta), devotion (Suatu dorongan yang membuat kita dapat melakukan hal – hal yang terbaik untuknya), kelembutan (Suatu dorongan yang membuat kita dapat memberikan perlakuan yang lembut kepada yang dicintai), dan sensitivitas (Suatu rangsangan terhadap kelakuan orang yang dicintai terhadap diri kita).

Sayang

Sayang adalah perasaan keterikatan yang non-seksual. Rasa sayang memang salah satu perasaan yang ada di dalam cinta, hanya saja bedanya tidak ada seksual atau perasaan keterikatan. Ini seperti rasa dari anak ke orang tua, ada keterkaitan atau attachment, ada tenderness dan honest. Tapi tidak ada intimacy, papar Pingkan.

Jadi berikut ini adalah macam perbedaan dari arti cinta dan sayang menurut psikologi, yuk disimak perbedaan berikut ini.

1. Cinta Akan Memunculkan Rasa Cemburu, dan Tidak Untuk Sayang

Rasa cemburu akan muncul jika orang yang kita cintai melirik orang lain. Rasa cemburu ini bersifat tidak beraturan yang terasa dalam hati yang dapat menimbulkan rasa sedih, marah, dan takut kehilangan. Sedangkan sayang tidak terdapat rasa cemburu, melainkan rasa ketulusan yang dimiliki untuk membantu, serta menjadi teman dalam bertukar pikiran tanpa mengharapkan adanya pengakuan.

2. Cinta Membuat Rasa Rindu Berbeda dengan Sayang

Rasa rindu tentunya akan selalu terasa dalam diri untuk orang yang dicintai, sederhananya rasa ini seperti rasa kecanduan kita terhadap makanan yang kita sukai, dimana rasa ini membuat keinginan untuk terus bertemu walaupun baru berpisah beberapa saat saja. Sedangkan sayang tentunya juga akan ada rasa rindu, namun hanya rindu sesaat yang tidak berkelanjutan.

3. Cinta Membuat Orang Gugup Daripada Sayang

Rasa Gugup terutama dalam berbicara tentu akan dirasakan saat akan atau sedang berbicara dengan orang yang dicintai. Karena cinta membuat orang berpikir lebih subjektif, sehingga hal yang dibicarakan cenderung lebih sedikit dan cenderung menurut untuk menjaga perasaan orang yang dicintai. Sedangkan sayang cenderung akan lebih merasa nyaman dalam berbicara, karena dapat berpikiran lebih objektif.

4. Cinta Akan Memujakan Daripada Sayang

Dengan cinta, diri kita akan dibuat menjadi tergila – gila dengan orang yang dicintai sampai memuja orang dicintai tersebut. Hal ini yang membuat diri kita menjadi buta akan segala kekurangan yang dimiliki olehnya. Sedangkan sayang cenderung lebih stabil dalam menyikapi dirinya karena hanya dilandasi oleh empati dan emosi tertentu saja.

5. Cinta Akan Memberikan Prioritas Ketimbang Sayang

Karena cinta yang dimiliki dalam diri kita kepada orang yang dicintai, maka prioritas akan sepenuhnya diberikan kepadanya ketimbang orang lain, entah prioritas itu berupa tenaga, waktu, maupun uang. Sedangkan sayang akan bersikap professional dalam memberikan prioritas.

 

Perasaan cinta maupun sayang itu adalah dua buah rasa yang penting dimiliki, yang terpenting adalah kita dapat menempatkan kedua rasa tersebut dalam posisi yang benar. Jadi itulah perbedaan dari arti cinta dan sayang, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang lagi bingung membedakan arti cinta dan sayang.